“ALIM” SEBAGAI USAHA PENUTUPI GAGALNYA PEMERINTAHAN


Ada pesan singkat dari negeri nan jauh di sana, teruntuk negeri nun jauh di sana.

Pemerintahan yang berhasil adalah pemerintah yang sukses membuat seluruh elemen masyarakat puas atas kinerja orang-orang yang telah mewakili mereka, setidaknya itulah anggapan masyarakat pada umumnya.

Perkembangan budaya, ekonomi, teknologi hingga rumitnya agama tak jarang sebagai tameng suatu pemerintah untuk mengklaim suksesnya pemerintahan yang dia pimpin. Dari negeri nan jauh ini kami menyampaikan pesan kepada masyarakat nun jauh di sana untuk berhati-hati kepada Pemimpin yang selalu memanfaatkan budaya, ekonomi apalagi agama untuk menutupi kegagalan pemerintahannya.

Banyak pemimpin yang “alim” namun “lalim” dalam beragama. Mereka mengada-ngada dalam urusan agama tanpa ada dalil yang shahih. Tidak ada larangan dalam melakukan inovasi demi suksesnya pemerintahan, tapi jangan pernah berinovasi dalam urusan agama, setidaknya itulah yang masyarakat coba utarakan.

Namun siapa masyarakat, mereka hanyalah bulan-bulanan kebijakan yang tak tentu arah demi segepok uang pembeli “pesawat” baru. Tidak ada lagi batas pembeda mana yang disebut kritik mana yang disebut makar.

Sungguh Zalim.....

Komentar